TREND SISTEM / TEKNOLOGI INFORMASI MASA DEPAN
TREND SISTEM / TEKNOLOGI INFORMASI MASA DEPAN
Nama : Nadira Putri Alisya
Kelas : 2KA27
Npm : 15118149
Kelompok 5
Npm : 15118149
Kelompok 5
1. PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi adalah seluruh sarana dan prasarana yang terdiri dari perangkat keras
dan perangkat lunak dalam mendukung dan meningkatkan kualitas informasi untuk
setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitasuntuk menyediakan barang-barang yang diperlukan oleh manusia dan memberikan
kemudahan bagi kelangsungan hidup dan juga kenyamanan hidup umat manusia.
2. TUJUAN TEKNOLOGI INFORMASI
Tujuan teknologi informasi adalah untuk
memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan
efisiensi dalam aktivitas manusia
3. INOVASI & NEW TECHNOLOGI MASA DEPAN
Inovasi berasal dari bahasa inggris
"innovate" yang artinya memperkenalkan sesuatu yang baru. sedangkan
immovative berarti bersifat memperbaharui. selain dari bahasa inggris inovasi
juga berasal dari kata latin "innovation" yang berarti pembaruan dan
perubahan.Jadi inovasi adalah suatu proses dan atau hasil
pengembangan/pemanfaatan suatu produk/sumber daya yang telah ada sebelumnya,
sehingga memiliki nilai yang lebih berarti.
Pengertian Inovasi menurut para ahli :
Kuniyoshi Urabe Menurut Kuniyoshi Urabe, inovasi
merupakan setiap kegiatan yang tidak bisa dihasilkan dengan satu kali pukul,
melainkan suatu proses yang panjang dan kumulatif, meliputi banyak proses
pengambilan keputusan, mulai dari penemuan gagasan hingga ke implementasian nya
di pasar.
Van de Ven, Andrew H. Menurut Van de Ven, Andrew H.,
pengertian inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru
oleh orang dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas
transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu.
Everett M. Rogers Menurut Everett M. Rogers, inovasi
merupakan sebuah ide, gagasan, ojek, dan praktik yang dilandasi dan diterima
sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu untuk
diaplikasikan atau pun diadopsi.
Manfaat Inovasi Sistem Informasi dan Teknoloi Inovasi
dalam sistem informasi berguna untuk mengembangkan operasi operasi
manajemen yang digunakan berbagai macam perusahaan. Contohnya manfaat dalam
Sistem Informasi adalah meningkatkan efisiensi operasional, memperkenalkan
inovasi bisnis, membangun sumber sumber informasi strategis.Dalam Teknologi
Informasi, inovasi inovasi yang baru dapat menghasilkan sebuah produk yang
berkembang. Dapat juga membantu manusia dalam mengerjakan sesuatu. Bahkan
perusahaan.
4. INOVASI & NEW TECHNOLOGY MASA DEPAN
A. Tampilan Holografis
Sejarah Hologram
Fisikawan berkebangsaan Hungaria-Inggris, Dennis Gabor,
diberi Penghargaan Nobel bidang Fisika pada tahun 1971 "berkat penemuan
dan pengembangannya dalam metode/teknik holografi". Pekerjaan yang dia
lakukan pada akhir tahun 1940an, didasari oleh pekerjaan sebelumnya di bidang
mikroskopi sinar X oleh ilmuwan lain, seperti Mieczysław Wolfke pada tahun 1920
dan William Lawrence Bragg pada tahun 1939
Hologram
Hologram
adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua
sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Hologram bertindak
sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik itu kemudian akan
membentuk suatu gambar, pemandangan, atau adegan.
Kelebihan
hologram ialah ia mampu menyimpan informasi, yang di dalamnya memuat
objek-objek 3 dimensi (3D). Tidak hanya objek-objek yang biasa terdapat di foto
atau gambar pada umumnya. Hal itu disebabkan prinsip kerja hologram tidak
sesederhana lensa fotografi. Hologram menggunakan prinsip-prinsip difraksi dan
interferensi, yang merupakan bagian dari fenomena gelombang.
Karakteristik Hologram
Hologram,
memiliki karakteristik yang unik. Beberapa diantaranya yaitu:
·Cahaya, yang sampai ke mata pengamat, yang berasal dari gambar yang direkonstruksi dari sebuah hologram adalah sama dengan yang apabila berasal dari objek aslinya. Seseorang, dalam melihat gambar hologram, dapat melihat kedalaman, paralaks, dan berbagai perspektif berbeda seperti yang ada pada skema pemandangan yang sebenarnya.
·Hologram dari suatu objek yang tersebar dapat direkonstruksi dari bagian kecil hologram. jika sebuah hologram pecah berkeping-keping, masing-masing bagian dapat digunakan untuk mereproduksi lagi keseluruhan gambar.
·Dari sebuah hologram dapat direkonstruksi dua jenis gambar, biasanya gambar nyata (pseudoscopic) dan gambar maya (orthoscopic) Sebuah hologram tabung dapat memberikan pandangan 360 derajat dari objek lebih dari satu gambar independen yang dapat disimpan dalam satu pelat fotografi yang sama yang dapat dilihat dari satu persatu dalam satu kesempatan.
B.
Robot Humanoid
Robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan
tubuh manusia, mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan
yang dibuat-untuk-manusia. Secara umum robot humanoid memiliki tubuh dengan
kepala, dua buah lengan dan dua kaki, meskipun ada pula beberapa bentuk robot
humanoid yang hanya berupa sebagian dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang
ke atas. Beberapa robot humanoid juga memiliki 'wajah', lengkap dengan 'mata'
dan 'mulut'. Androidmerupakan robot humanoid yang dibangun untuk secara
estetika menyerupai manusia. Robot humanoid digunakan sebagai alat riset pada
beberapa area ilmu pengetahuan.
Di sisi lain, upaya mensimulasikan tubuh manusia
mengarahkan pada pemahaman yang lebih baik mengenai hal tersebut. Kognisi
manusia adalah bidang studi yang berfokus kepada bagaimana manusia belajar
melalui informasi sensori dalam rangka memperoleh keterampilan persepsi dan
motorik. Pengetahuan ini digunakan untuk mengembangkan model komputasi dari
perilaku manusia dan hal ini telah berkembang terus sepanjang waktu.
C. Kecerdasan Buatan
Apa itu kecerdasan buatan?
Kecerdasan buatan adalah kecerdasan
yang ditambahkan oleh manusia ke dalam suatu sistem teknologi, diatur dan
dikembangkan dalam konteks ilmiah, bentukan dari kecerdasan entitas ilmiah yang ada.
Berikut ini adalah definisi kecerdasan buatan menurut para ahli:
Berikut ini adalah definisi kecerdasan buatan menurut para ahli:
John
McCarthy, 1956 Kecerdasan buatan adalah usaha memodelkan proses berpikir manusia
dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.
Herbert
Simon, 1987 Kecerdasan buatan adalah tempat suatu penelitian, aplikasi dan
instrusksi yang terkait dengan pemrograman komputer dalam melakukan suatu hal
yang menurut pandangan manusia ⎼ cerdas.
Rich dan
Knight, 1991 Kecerdasan buatan adalah suatu studi mengenai bagaimana membuat
komputer mampu melakukan hal-hal yang pada saat ini masih bisa dilakukan lebih
baik oleh manusia.
Jenis - jenis Kecerdasan Buatan
Pada dasarnya, ada 3 jenis kecerdasan buatan, yaitu:
1. Symbol-manipulating
AI AI yang satu ini bekerja
dengan simbol abstrak. Symbol-manipulating AI termasuk jenis yang paling banyak
eksperimennya. Inti eksperimennya adalah manusia direkonstruksi pada tingkat
yang hierarkis dan logis. Informasinya diproses dari atas, lalu bekerjanya
dengan simbol yang dapat dibaca manusia/si pengembang, koneksinya abstrak dan
hasil simpulannya logis.
2. Neural
AI Jenis AI satu ini sangat
populer di kalangan ilmuwan komputer pada akhir 80-an. Dengan Neural AI,
pengetahuan tidak direpresentasikan lewat simbol, tetapi lebih ke neuron buatan
dan koneksinya ⎼ semacam otak yang
direkonstruksi. Pengetahuan yang terkumpul nantinya dipecah menjadi
bagian-bagian kecil (disebut neuron) dan kemudian dihubungkan serta dibangun
menjadi kelompok-kelompok. Nah, pendekatan ini dikenal sebagai metode bottom-up
yang bekerja dari bawah. Jadi, sistem sarafnya harus dilatih dan distimulasi supaya jaringan
saraf bisa mengumpulkan pengalaman dan tumbuh supaya bisa mengumpulkan
pengetahuan yang lebih besar.
3. Neural
Network Neural Networks diatur ke
dalam lapisan yang terhubung satu sama lain lewat simulasi. Lapisan paling atas
adalah lapisan input, yang fungsinya seperti sensor. Sensor yang dimaksud
adalah penerima informasi yang akan memproses dan meneruskannya ke sistem. Ada
setidaknya dua sistem — atau lebih dari dua puluh lapisan dalam sistem besar —
lapisan yang tersusun secara hierarkis. Lapisan-lapisan itu yang mengirim dan
mengklasifikasikan informasi lewat koneksi. Di bagian paling bawah adalah
lapisan output, yang umumnya sih punya jumlah neuron buatan paling sedikit. Pada intinya cara kerja AI
berdasar pada fondasi machine learning . Arti machine learning apa? Artinya,
suatu sistem membangun pengetahuan dari pengalaman .
D. Komputer Kuantum
Komputer kuantum adalah
alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika
kuantum, misalnya superposisidan keterkaitan, untuk melakukan
operasi data. Dalam komputasi klasik, jumlah data dihitung
dengan bit; dalam
komputer kuantum, hal ini dilakukan dengan qubit. Prinsip dasar
komputer kuantum adalah bahwa sifat kuantum dari partikel dapat digunakan untuk
mewakili data dan struktur data, dan bahwa mekanika kuantum dapat digunakan
untuk melakukan operasi dengan data ini. Dalam hal ini untuk mengembangkan
komputer dengan sistem kuantum diperlukan suatu logika baru yang sesuai dengan
prinsip kuantum.
Ide mengenai komputer kuantum ini berasal dari
beberapa fisikawan antara lain Charles H. Bennett dari IBM, Paul A. Benioff
dari Argonne National Laboratory, Illinois, David Deutsch dari University of
Oxford, dan Richard P. Feynman dari California Institute of Technology
(Caltech).
Walaupun komputer kuantum masih dalam pengembangan,
telah dilakukan eksperimen dimana operasi komputasi kuantum dilakukan atas
sejumlah kecil Qubit. Riset baik
secara teoretis maupun praktik terus berlanjut dalam laju yang cepat, dan
banyak pemerintah nasional dan agensi pendanaan militer mendukung riset
komputer kuantum untuk pengembangannya baik untuk keperluan rakyat maupun
masalah keamanan nasional seperti kriptoanalisis.Telah
dipercaya dengan sangat luas, bahwa apabila komputer kuantum dalam skala besar
dapat dibuat, maka komputer tersebut dapat menyelesaikan sejumlah masalah lebih
cepat daripada komputer biasa. Komputer kuantum berbeda dengan komputer DNAdan
komputer klasik berbasis transistor, walaupun mungkin komputer jenis tersebut
menggunakan prinsip kuantum mekanik. Sejumlah arsitektur komputasi
seperti komputer optik walaupun
menggunakan superposisi klasik dari gelombang elektromagnetik, namun tanpa
sejumlah sumber kuantum mekanik yang spesifik seperti keterkaitan, maka
tak dapat berpotensi memiliki kecepatan komputasi sebagaimana yang dimiliki
oleh komputer kuantum.
E. Virtual Reality
Virtual reality (VR)atau realitasmaya adalah teknologi
yang membuat penggunadapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang
disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment),
suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang
hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan
pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui
sebuah penampil stereokopik, tetapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan
informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
Sejarah VR
Morton Heilig menulis pada 1950-an tentang
"Teater Pengalaman" yang dapat meliputi semua indra dengan suatu cara
efektif, sehingga menarik penonton ke dalam kegiatan di layar. Ia membangun
suatu prototipa dari visi nya yang di namakan Sensorama pada 1962, bersama
dengan lima film pendek untuk dipertunjukkan di dalamnya sembari melibatkan
berbagai indra (penglihatan, pendengaran, penciuman, dan sentuhan). Mendahului
komputasi digital, Sensorama adalah sebuah alat mekanis, yang dilaporkan masih
berfungsi hingga hari ini. Pada 1968, Ivan Sutherland, dengan bantuan dari
siswanya Bob Sproull, menciptakan apa yang secara luas dianggap sebagai
pendahulu Realitas maya dan sistem Diplay Terjulang di Kepala reality augmented
(Head-mounted Augmented Reality).
Perangkat Dan Elemen Virtual
Perangkat Dan Elemen Virtual
Sistem kerja dari virtual reality tidak dapat lepas dari beberapa elemen
penting, seperti:
Virtual world sebuah konten yang menciptakan dunia virtual dalam
bentuk screenplay maupun script Immersion sebuah sensasi yang membawa pengguna
teknologi virtual reality merasakan ada di sebuah lingkungan nyata yang padahal
fiktif.
Immersion dibagi dalam 3 jenis, yakni:
Mental immersion, membuat mental
penggunanya merasa seperti berada di dalam lingkungan nyata.
Physical immersion, membuat fisik penggunanya merasakan suasan di sekitar lingkungan yang diciptakan oleh virtual reality tersebut.
Physical immersion, membuat fisik penggunanya merasakan suasan di sekitar lingkungan yang diciptakan oleh virtual reality tersebut.
Mentally immersed, memberikan
sensasi kepada penggunanya untuk larut dalam lingkungan yang dihasilkan virtual
reality Sensory feedback berfungsi untuk menyampaikan informasi dari virtual
world ke indera penggunanya.
Elemen ini mencakup visual (penglihatan), audio
(pendengaran) dan sentuhan Interactivity yang bertugas untuk merespon aksi dari
pengguna, sehingga pengguna dapat berinteraksi langsung dalam medan fiktif atau
virtual world Pengguna virtual reality akan melihat dunia semu menjadi lebih
dinamis. Semua elemen yang terdapat dalam teknologi ini akan membuat
penggunanya merasa sedang berada di dunia nyata secara fisik maupun psikologis.
Sebuah
teknologi dapat dikatakan sebagai virtual reality jika sudah memenuhi beberapa
persyaratan berikut ini: Tampilan gambar / grafis / visualisasi 3D tampak nyata
dan sesuai dengan perspektif dari penggunanya Mampu mendeteksi semua gerakan
dan respon dari pengguna, seperti gerakan kepala atau bola mata pengguna. Ini dibutuhkan
agar tampilan grafis dapat sesuai dengan perubahan dunia 3D dari pengguna itu
sendiri.
Daftar
Pustaka
Komentar
Posting Komentar