SOFTWARE REQUIREMENT SPECIFICATION (SRS)

 

SOFTWARE REQUIREMENT SPECIFICATION (SRS)

 

Pembuatan Aplikasi E-Commerce DUACOMP Penjualan Komputer Berbasis Website

 

 

Dibuat oleh: Kelompok 2 Jurusan Sistem Informasi

Universitas Gunadarma

 

Untuk mata kuliah:

Pengelolaan Proyek Sistem Informasi

 

 

 

SRS disusun oleh:

 

Dina Islamiati Putri / 11118989

Nadira Putri Alisya / 15118149

Rizky Dwi Santoso / 16118316

Tasya Putri Kamila / 17118002

Satvika Viktarini     / 16117575

Muhammad Ibrahim / 14118683

 

20 Oktober 2021

 

 

Untuk client:

PT. DUACOMP

Jl. Pangeran Jayakarta No.28, RT.003/003

Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat 17143

 

 

 

 

 

 

Jurusan Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi  Informasi

Universitas Gunadarma

RINGKASAN EKSEKUTIF

 

Perkembangan teknologi informasi saat ini telah berkembang pesat. Salah satu produk yang dihasilkan dari perkembangan teknologi informasi adalah Website. Website berisi halaman-halaman yang didalamnya dapat berupa informasi dalam bentuk teks, gambar, audio, video maupun animasi yang dapat di akses masyarakat umum. Duacomp merupakan toko online yang menjual beragam produk elektronik perlengkapan komputer. Selama ini penjualan elektronik komputer hanya dilakukan secara offline, sehingga penjualan tidak maksimal karena banyak pelanggan yang tidak mengetahui store Dua comp. Oleh karena itu di zaman yang semakin canggih diperlukan inovasi-inovasi baru untuk bertahan di era persaingan teknologi yang semakin pesat. Salah satu caranya adalah membuat sistem penjualan bersbasis online/e-commerce yang dapat dengan mudah diakses dimanapun. E-commerce mempermudah pekerjaan manusia menjadi lebih efektif dan efisien, karena dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa batasan waktu dan wilayah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



 

Bab 1 Pendahuluan

 

 

1.1.          Latar Belakang

Sejalan dengan perkembangan teknologi internet yang pesat, banyak kegunaan yang bisa di manfaatkan dari kemajuan teknologi internet pada zaman sekarang. Teknologi internet memiliki dampak yang besar pada bidang bisnis, pendidikan dan lain-lain. Contohnya pada bidang bisnis, dengan adanya sistem perdagangan secara online yang memanfaatkan teknologi internet ini memudahkan para penjual untuk mempromosikan produknya kepada calon customers.

E – commerce (electronic commerce) merupakan suatu perdangan online yang dilakukan dengan media internet. Teknologi internet merupakan suatu bentuk media informasi yang cepat dan akurat sehingga bisa diakses dimana, kapan dan oleh siapa saja. Customers tidak perlu bingung bagaimana cara agar dapat melihat dan memesan produk-produk yang ingin dibeli, cukup dengan jaringan yang stabil customers bisa melihatnya pada layar smartphone atau computer tanpa ada batas waktu.

Toko Duacomp merupakan salah satu toko komputer yang penjualanya masih secara offline. Pihak toko selama ini masih menggunakan cara konversial dengan cara memasang spanduk di depan di depan toko sehingga hanya orang-orang sekitar saja yang dapat mengetahui toko tersebut. Berdasarkan permasalahn pada toko komputer DuaComp maka perlu diterapkan sebuah aplikasi sistem penjualan online berbasis web.

Oleh karena itu dibuatlah suatu Website  ini guna memperluas informasi mengenai toko komputer Duacomp. Agar orang lebih mudah mengetahui barang-barang yang dijual pada toko komputer dan bisa melakukan transaksi tanpa perlu lagi datang ke toko langsung.

 

1.2.          Tujuan

Tujuan penelitian ini adalah untuk Membuat E-commerce Duacomp berbasis Website  untuk menggantikan sistem pemesanan yang sebelumnya manual menjadi berbasis web dan untuk mempermudah costumers dalam melakukan pembelian komputer tanpa harus datang ke toko yang dapat menghabiskan banyak waktu, ­­yang mana diharapkan agar costumers lebih efektif dan efisien dalam belanja kebutuhan komputer tanpa harus keluar rumah.

 

 

 

1.3.          Lingkup Sistem

Ruang lingkup penulisan dibatasi hanya dalam pembuatan wesbite Duacomp hanya akan memberikan layanan informasi produk elektronik kebutuhan komputer. Proses pemesanan produk yang akan ditampilkan pada web yaitu mengenai detail produk, jenis produk, harga produk, sampai dengan proses pemesanan dan kofirmasi pembayaran.

 

1.4.          Terminologi

 

1.       SRS : Software Requirement Specifications (Spesifikasi kebutuhan perangkat lunak)

2.       HTML: Hyper Text Markup Language (html), merupakan bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web dan menampilkan berbagai informasi didalam sebuah browser.

3.       PHP: PHP (Hypertext Processor), yang merupakan sebuah bahasa scripting tingkat tinggi yang dipasang pada dokumen HTML

4.       CSS: Cascading Style Sheet (CSS) merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam

5.       MySQL: My Structure Query Language adalah salah satu Database Management System (DBMS)

 

1.5.          Sistematika Dokumen

Sistematika ini digunakan dalam penulisan ilmiah terdiri dari beberapa bab dan terbagi menjadi 7 bab, setiap babnya berisikan penjelasan yang berbeda-beda yaitu:

1.      PENDAHULUAN

Bab pertama ini terdiri dari latar belakang, Batasan masalah, tujuan penulisan, dan sistematika penulisan.

2.      DESKRIPSI UMUM SISTEM

Menjelaskan tujuan bisnis dari organisasi yang akan dicapai dengan pemanfaatan sistem informasi yang dibangun.

3.      KEBUTUHAN FUNGSIONAL

Kebutuhan fungsional sistem dapat dimodelan dengan pemodelan UML, use-case.

4.      KEBUTUHAN DATA

Menjelaskan dengan rinci setiap data yang dibutuhkan oleh pengguna. Kebutuhan data dapat dipaparkan dalam format tabular.

5. KEBUTUHAN KUALITAS

Salah satu factor yang sangat penting untuk mengukur keberhasilan projek sistem informasi adalah sistem informasi tersebut harus berkualitas tinggi.

6.      KETENTUAN DAN KONSTRAIN SISTEM

Dalam projek ini, berisi ketentuan-ketentuan yang terkait dengan perangkat lunak.

7. PENUTUP

Menuliskan kesimpulan, saran-saran yang terkait dengan dokumen ini atau harapan-harapan pihak tim developer dalam projek pembangunan sistem informasi ini.

 

 


Bab 2 Deskripsi Umum Sistem

 

 

2.1.   Tujuan Bisnis

Tujuan bisnisnya adalah untuk menyediakan suatu platform E-Commerce dengan nama Duacomp yang berbasis website, untuk menunjukkan eksistensi perusahaan dalam jangka panjang karena dengan adanya website ini akan membuktikan bahwa perusahaan sudah maju dari segi teknologi dan diharapkan akan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Selain itu untuk meningkatkan kemajuan dalam hal pengembangan sumber daya masyarakat agar lebih terbuka untuk belajar soal teknologi. Perusahaan juga akan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat seiring dengan perkembangan sistem atau perusahaannya

 

2.2.  Organisasi Usulan



 






Gambar 2.1. Struktur Organisasi Usulan DUACOMP

 

Berdasarkan struktur organisasi usulan pada Gambar 2.1., maka berikut adalah penjelasan mengenai deskripsi kerja untuk masing-masing posisi :

1.       System Manager Perusahaan DUACOMP

a.      Mengevaluasi kebutuhan pengguna serta fungsionalitas sistem

b.      Menerima laporan perkembangan website.

c.       Menjadwalkan upgrade dan backup keamanan dari website yang digunakan perusahaan.

d.      Melihat laporan data transaksi, karyawan, dan pengguna website.

e.       Memastikan proses pengembangan website berjalan dengan baik.

 


2.       Manajemen Admin

a.      Menambah data pelanggan.

b.      Melihat informasi data pelanggan

c.       Mengubah/mengedit informasi pelanggan

d.      Menambah data produk

e.       Melihat informasi produk

f.        Mengubah/mengedit informasi produk.

g.      Membuat laporan data produk.

h.      Membuat laporan data pelanggan.

3.       Manajemen Transaksi dan Penjualan

a.      Mengawasi proses transaksi dan penjualan.

b.      Mengontrol data transaksi yang dilakukan pada website.

c.       Menentukan jadwal perubahan harga dan diskon.

d.      Menerima permintaan pembatalan transaksi.

e.       Membuat laporan operasional data transaksi secara berkala.

4.       Manajemen Keamanan Sistem

a.      Bertanggung jawab atas keamanan mencakup firewall, kontrol perlindungan data, pemindaian kerentanan, dan sebagainya.

b.      Mengelola tim yang mengawasi penyebaran, konfigurasi, dan fungsi yang tepat dari sistem.

c.       Memonitor keseluruhan operasi dan infrastruktur.

d.      Merincikan program respons insiden keamanan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.3.   Prosedur-prosedur Usulan

Gambar 2.2. Proses Login.



Gambar 2.3. Tambah Data.

Gambar 2.4. Edit Data.

Gambar 2.5. Hapus Data.

 

 


 

Bab 3 Kebutuhan Fungsional

 

 

3.1.   Diagram Use-Case User

Use Case merupakan gambaran dari proses sistem secara keseluruhan yang melibatkan actor dalam hal pengguna. Use case adalah cara untuk menunjukan stakeholder sistem akan berinteraksi dengan sistem. Contoh gambar use case diagram dapat dilihat pada Gambar 3.1.





Gambar 3.1 Use Case Diagram User Website Duacomp

 

3.2.   Skenario untuk Setiap Fungsi Use Case Diagram – User

Pada use case diagram user, user dapat melakukan beberapa aksi pada use case. User dapat langsung bisa mengakses bagian Home, melihat produk, keranjang. Namun jika user ingin melakukan transaksi pada Website Duacomp, user harus login terlebih dahulu jika sudah memiliki akun. Namun jika user belum memiliki akun, maka user dapat memilih register terlebih dahulu. Setelah user sudah melakukan login atau register maka user dapat langsung melanjutkan proses Checkout produk yang ingin dibeli. Use case diagram user Website Duacomp dapat dilihat pada Gambar 3.1.

 

 

 

 

 

3.3.   Diagram Use Case Admin

Use case diagram admin merupakan diagram yang ditujukan untuk admin dengan menampilkan beberapa aktivitas admin di dalam sistem. Use case diagram admin website Duacomp dapat dilihat pada Gambar 3.2.

 

Gambar 3.2 Use Case Diagram Admin Website Duacomp

3.4.   Skenario untuk Setiap Fungsi Use Case Diagram – User

 

Pada rancangan use case diagram admin terdapat 10 use case dan 1 aktor. Aktor tersebut berperan sebagai admin yang melakukan aktivitas yaitu Dashboard Admin menampilkan grafik jumlah pendapatan penjualan dan juga jumlah product, kategori, Orders yang ada, sedangkan Media Manager mengelola semua file foto yang digunakan pada webiste duacomp, sedangkan Banner mengelola banner untuk ditampilkan pada halaman homepage duacomp, Kategori menambahkan setiap produk yang ada, dan dapat mengapus kategori, bahkan mengubah kategori yang sudah ada, Data Produk untuk menambah, menghapus, merubah data produk, sedangkan Data Brands untuk menambah, menghapus, merubah data Brands, Mengelola data Pengiriman/Shipping untuk menambah, menghapus, merubah data pengiriman, Data Orders untuk mengelola data Ordersan yang masuk, Data Reviews untuk mengelola reviews product dari customer, Coupon untuk mengelola coupun yang akan digunakan oleh customer, Data User untuk mengelola semua user pada Website  dan juga role masing masing user, Pengaturan Website untuk mengelola info tentang Website duacomp.

Bab 4 Kebutuhan Data

 

 

4.1.   Data Masukan

 

Data

Atribut-atribut pada Data

Data

nama toko, lokasi, status toko, nama pemilik, telpon pemilik, alamat

pemilik

Brand

ID, judul, slug, status, waktu pembuatan, waktu update

Cart / Keranjang Belanja

ID, ID produk, ID pemesanan, ID pengguna, harga, status, kuantitas, jumlah, waktu pembuatan, waktu update

Kategori

ID, judul, slug, ringkasan, foto, ID induk, status, waktu pembuatan, waktu update

Kupon

ID, kode, tipe, nilai, status, waktu pembuatan, waktu update

Pemesanan

ID, nomor pemesanan, ID pengguna, sub total, ID pengiriman, kupon, jumlah total, kuantitas, metode pembayaran, status pembayaran, status, nama awal, nama akhir, e-mail, nomor telepon, negara, kode pos, alamat 1, alamat 2, waktu pembuatan, waktu update

Reset Kata Sandi

e-mail, token, waktu pembuatan

Whishlist

ID, ID produk, ID keranjang belanja, ID pengguna, harga, kuantitas, jumlah, waktu pembuatan, waktu update

 

 

Matriks akses data dalam format sebagai berikut:

 

Data

Admin

Kasir

Pengguna

Brand

RIUD

R

R

Cart

RIUD

RUD

RIUD

Kategori

RIUD

R

R

Kupon

RIUD

RD

RU

Pemesanan

RIUD

RD

RIUD

Reset Kata Sandi

RIUD

 

U

Whishlist

RIUD

 

RIUD

Keterangan: R = read, I = insert, U = update, D = delete


4.2.   Laporan-laporan

 

Pengguna

Nomor laporan

Nama laporan

Atribut-atribut laporan

Admin

MP-1

Transaksi penjualan

nomor pemesanan, ID pengguna, sub total, ID pengiriman, kupon, jumlah total, kuantitas, metode pembayaran, status pembayaran, status, nama awal, nama akhir, e-mail, nomor telepon, negara, kode pos, alamat 1, alamat 2, waktu pembuatan, waktu update

Kasir

MP-2

Transaksi penjualan

metode pembayaran, status pembayaran, status, nama awal, nama akhir, ID produk, ID pemesanan, ID pengguna, harga, kuantitas, jumlah

Pengguna

MP-3

Transaksi pembelian

ID produk, harga, jumlah total, kuantitas, metode pembayaran, status pembayaran

 


Bab 5 Kebutuhan Kualitas

 

Salah satu factor yang sangat penting untuk mengukur keberhasilan projek sistem informasi adalah sistem informasi tersebut harus berkualitas tinggi. Untuk keperluan pengukuran kualitas sistem setelah sistem selesai dibangun/dikembangkan, beberapa key success factor (KSF) atau kriteria- kiteria perlu didefinisikan. Kriteria-kriteria yang didefinisikan harus melingkup aspek keamanan sistem, kemudahan penggunaan, kecepatan akses data/laporan (termasuk aspek skalabilitas) dan kebenaran data/laporan. Selain itu, perlu juga didefinisikan kriteria lainnya, seperti kemudahan instalasi, pemeliharaan sistem, inter-operability dengan sistem-sistem lain, dan lain-lain .

 

Tuliskanlah criteria-kriteria sistem dalam format sbb:

 

Nomor Kriteria

Definisi Kriteria

Target yg Dicapai

DK-1

Sistem dapat memproses dan mengolah data produk dengan cepat dari sistem sebelumnya.

Data dapat diolah dengan delay maksimal 30 detik.

DK-2

Informasi ketersediaan produk menjadi akurat dilakukan update secara realtime.

Pada saat itu juga tanggapan langung ada untuk pembaruan tanpa harus menunggu lebih lama.

DK-3

Tidak memerlukan kertas dan alat tulis apabila terdapat data yang salah.

Petugas hanya tinggal merubah data saja melalui sistem yang ada.

DK-4

Pengendalian stok barang terotorisasi dengan menggunakan sistem yang dibangun. Penjual juga dapat mengontrol barang yang tersediaapabila sudha batas safety stok.

Barang dikendalikan langsung oleh sistem. Yang nantinya penjual akan melakukan re-stock

DK-5

Laporan penjualan sudah terupdate secara realtime.

Hanya tinggal cetak data penjualan saja.

 


Bab 6 Ketentuan dan Konstrain Sistem

 

6.1.   Perangkat Lunak dan Tools

Tuliskan lingkungan pengembangan perangkat lunak (tool, bahasa pemrograman, DBMS, framework, dll) yang digunakan selama masa pembangunan sistem.

Beberapa contoh lingkungan perangkat lunak:

1.    Sistem Operasi Windows 10

2.    XAMPP

3.    Visual Studio Code sebagai Text Editor

4.    Web Browser: Microsoft Edge

 

6.2.   Infrastruktur Sistem

 

Spesifikasi perangkat keras:

1.    Processor Ryzen 5 3500H

2.    System type 64 bit

3.    RAM Memory 16 GB

4.    SSD 256 GB

5.    Mouse & Keyboard

 

Spesifikasi perangkat lunak dan DBMS:

 

1.      Database MySQL: MySQL (My Structured Query Language) adalah sebuah program database server yang mampu meneriman dan mengirimkan datanya dengan sangat cepat, multi user serta menggunakan perintah dasar SQL (Structure Query language).

2.      Framework Laravel: Laravel adalah framework aplikasi web kontemporer, open source dan digunakan secara luas untuk perancangan aplikasi web yang cepat dan mudah menggunakan konsep Model-View-Controller.

 


Bab 7 Penutup

 

7.1    Kesimpulan

Pembuatan website e-commerce pemesanan komputer pada toko dapat memudahkan admin dalam melakukan penjualan serta memudahkan user dalam berbelanja di Website Duacomp secara online. Mulai dari registrasi akun, melihat detail product yang akan dibeli, melakukan pembelian pada Website sampai dengan produk yang akan pembeli dapatkan setelah pembelian berhasil dilakukan.

 

7.2      Saran

Metode pembayaran dalam website Duacomp masih belum banyak pilihan dan pengguna harus konfirmasi pembayaran secara manual, sehingga user harus mengkonfirmasi melalui admin pada kontak yang sudah ada dalam contact us jika sudah transfer untuk dilanjutkan proses pemesanannya.


Referensi

[1]  Ian Sommerville, Software Engineering 8th Ed., Pearson Education Limited, 2007

 

[2]  Firesmith Consulting, Global Personal Marketplace System Requirements Specification (SRS)
Version 1.0, Indiana, USA, 2003

 

[3] Arry Sardi, Sistem Pembayaran Elektronik Mikro dengan Smart Card untuk Kampus (Studi Kasus: Unpar), Skripsi, 2011.

 

[4] Veronica S. Moertini, Asdi A. Athuri, Hery M. Kemit & Nico Saputro, "The Development of Electronic Payment System for Universities in Indonesia: On Resolving Key Success Factors", International Journal of Computer Science and Information Technology (IJCSIT), Vol. 3, No. 2,
April 2011

 

[5] Veronica S. Moertini & Criswanto D. Nugroho, "e-Commerce Mobile Marketing Model Resolving Users Acceptance Criteria", International Journal of Managing Information Technology (IJMIT), Vol.4, No.4, November 2012, pp. 23-40.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Teknologi Informasi Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif Bagi Perusahaan

TULISAN 1 , ALASAN MASUK UNIVERSITAS GUNADARMA