INVESTASI HUTANG DAN SEKURITAS SAHAM



Nama : Nadira Putri Alisya
NPM : 15118149
Kelas : 2KA27
Dosen : Cicilia E Istia
Mata Kuliah : Pengantar Akuntansi Keuangan 2

1.      Jelaskan mengapa perusahaan berinvestasi pada utang dan sekuritas saham?



Investasi adalah suatu aktiva yang digunakan perusahaan untuk pertumbuhan kekayaan melalui distribusi hasil investasi (seperti bunga, royalti, dividen. Dan sewa guna), untuk manfaat lain bagi perusahaan yang berinvestasi seperti manfaat yang diperoleh melalui hubungan perdagangan. Dengan kata lain investasi adalah suatu aktivitas menempatkan dana pada satu periode tertentu dengan harapan penggunaan dana tersebut bisa menghasilkan keuntungan dan/atau peningkatan nilai investasi.

Sekuritas utang merupakan instrument yang menunjukan hubungan antara seorang kreditor dengan suatu perusahaan. Sekuritas hutang ini terdiri dari sekuritas pemerintah, obligasi, perusahaan, dan utang Yng dapat dikonversikan.

Investasi sekuritas hutang dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
·         Akan dimiliki hingga jatuh tempo
Sekuritas hutang yang dibeli dan dimiliki dengan maksud dan tujuan kemampuan perusahaan akan dimiliki hingga jatuh tempo. Investor atau perusahaan dapat mengklasifikasi sekuritas hutang sebagai dimiliki sampai jatuh tempo jika entitas yang melaporkan mempunyai
·         Tersedia untuk dijual
Sekuritas utang yang tidak diklasifikasikan sebagai sekuritas yang dimiliki sampai jatuh tempo dan tidak untuk dijual.
·         Untuk diperdagangkan
Sekuritas utang dan saham yang dibeli dan dimiliki dengan tujuan untuk dijual Kembali dalam waktu yang dekat untuk menghasilkan laba atas selisih harga jangka pendek.

Perusahaan melakukan investasi dengan cara membeli sekuritas utang atau sekuritas saham karena adanya salah satu dari tiga alasan berikut. Pertama, perusahaan mungkin memiliki kelebihan kas yang tidak akan segera diperlukan untuk membiayai operasi. Kedua, perusahaan membeli investasi untuk memperoleh pendapatan dari hasil investasi. Ketiga, perusahaan melakukan investasi karena alasan stratejik, mulai dari hanya sekedar memiliki pengaruh atas perusahaan lain hingga mengendalikan perusahaan lain dengan cara memiliki/menguasai saham-saham perusahaan lain tersebut.
Investasi sekuritas saham
Investasi dalam bentuk saham merupakan pembelian/penyertaan/kepemilikan perusahaan lain dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan yang berupa driven.

Perusahaan yang melakukan investasi saham mempunyai maksud antara lain :
·         Memperkokoh jaringan pasar
·         Memperkuat distribusi
·         Menjaga suplai bahan baku
·         Memperkuat manajemen
Salah satu manfaat investasi saham yang dapat Anda peroleh adalah gain. Semakin berkembangnya sebuah perusahaan dari waktu ke waktu, biasanya akan diikuti dengan kenaikan harga saham perusahaan tersebut. Kenaikan harga ini dapat Anda manfaatkan untuk menjual saham pada harga yang tentu lebih tinggi daripada harga pembelian. Keuntungan dari selisih harga jual dan beli inilah yang disebut dengan capital gain.
Mendapatkan Dividen Saham
Manfaat lain yang akan Anda dapatkan ketika berinvestasi saham adalah menerima dividen. Dividen merupakan pembagian laba bagi para pemegang saham sesuai dengan banyaknya saham yang dimiliki. Ketika mendapatkan dividen, maka Anda pun secara tidak langsung telah diakui sebagai pemilik perusahaan dan berhak ikut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dividen akan dibagikan secara merata sesuai dengan lembar saham yang dimiliki. Jadi, semakin banyak saham yang Anda miliki, semakin besar nilai dividen yang dapat Anda peroleh jika perusahaan tersebut membagikan dividen. Tetapi, dividen hanya akan diberikan jika perusahaan yang sahamnya Anda miliki mendapatkan keuntungan dan ketika mayoritas pemegang saham menyepakati pembagian dividen.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Teknologi Informasi Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif Bagi Perusahaan

TULISAN 1 , ALASAN MASUK UNIVERSITAS GUNADARMA