Membangun Strategi Layanan Manajemen Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bagi Masyarakat
Nama :
Nadira Putri Alisya
Npm :
15118149
Kelas :
2KA27
Mata Kuliah :
Manajemen Layanan Sistem Informasi
Dosen :
Dian Gustina
Membangun
Strategi Layanan Manajemen Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Kualitas
Pelayanan Bagi Masyarakat
Strategi
adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan,
perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu
STRATEGI
Di dalam strategi yang
baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, mengidentifikasi faktor
pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara
rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan
secara efektif.
Strategi dibedakan dengan
taktik yang memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih
singkat, walaupun pada umumnya orang sering kali mencampuradukkan ke dua kata
tersebut. Strategi sering dikaitkan dengan Visi dan Misi, walaupun strategi
biasanya lebih terkait dengan jangka pendek dan jangka panjang.
Contoh berikut
menggambarkan perbedaannya, "Strategi untuk memenangkan keseluruhan
kejuaraan dengan taktik untuk memenangkan satu pertandingan".
Pada awalnya kata ini
dipergunakan untuk kepentingan militer saja tetapi kemudian berkembang ke
berbagai bidang yang berbeda seperti strategi bisnis, olahraga (misalnya sepak
bola dan tenis), catur, ekonomi, pemasaran, perdagangan, manajemen strategi
Perencanaan Strategis
Sistem Informasi
Perencanaan Strategis
Sistem Informasi Perencanan strategi
sistem informasi adalah suatu proses untuk Menyusun perencanaan untuk
penggunaan serta implementasi sistem dan
teknologi informasi secara komprehensif pada suatu organisasi yang sejalan
dengan strategi bisnis organisasi untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi
secara efektif dan efisien.
Manajemen Layanan Sistem
Informasi
Manajemen Layanan Sistem
Informasi adalah manajemen melakukan atau melaksanakan pelayanan dalam suatu
sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan
transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi
dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan
laporan-laporan yang diperlukan.
ITSM adalah
proses-terfokus dan dalam pengertian ini memiliki hubungan dan kepentingan
bersama dengan gerakan perbaikan proses (misalnya, TQM, Six Sigma, manajemen
bisnis proses, CMMI) kerangka kerja dan metodologi dalam sebuah organisasi.
Disiplin tidak memperhatikan tentang bagaimana menggunakan produk vendor
tertentu, atau rincian teknis dari sistem di bawah manajemen. Sebaliknya, ITSM
berfokus pada pemberian kerangka kerja untuk struktur TI yang terkait kegiatan
dan interaksi tenaga teknis TI dengan penggunanya.
ITSM umumnya berkaitan
dengan “back office” atau masalah operasional manajemen teknologi informasi
(kadang-kadang dikenal sebagai arsitektur operasi), dan tidak berurusan dengan
perkembangan teknologi. Sebagai contoh, proses menulis perangkat lunak komputer
untuk dijual, atau merancang sebuah mikroprosesor tidak akan menjadi fokus
disiplin, namun yang menjadi perhatiannya adalah sistem komputer yang digunakan
oleh pemasaran dan staf pengembangan bisnis di perusahaan baik berupa perangkat
lunak dan atau perangkat kerasnya. Banyak perusahaan non-teknologi, seperti di
industri keuangan, ritel, dan perjalanan, memiliki sistem teknologi informasi
yang signifikan yang tidak mengenai kebutuhan pelanggannya.
Dalam hal ini, ITSM dapat
dianggap atau dianalogikan sebagai perencanaan sumber daya
perusahaan/Enterprise Resource Planning(ERP) untuk IT – meskipun akar sejarah
dalam operasi TI membatasi penerapannya di seluruh kegiatan besar TI lainnya,
seperti IT manajemen portofolio dan rekayasa perangkat lunak
Kerangka Kerja pada
Manajemen Layanan Sistem Informasi
1.
Konsep dasar : mencangkup bisnis , teknis,
dan manajerial berbagai komponen dan peranan layanan SI.
2.
Teknologi Informasi : pengembangan dan
berbagai isu manajemen (hardware, software, jaringan)
3.
Aplikasi bisnis : penggunaan utama nya
untuk operasi , manajemen, dan keunggulan kompetitif.
4.
Proses pengembangan : bagaimana para
praktisi dan pakar informasi merencanakan, mengembangkan, dan
mengimplementasikan sistem informasi untuk peluang bisnis.
5.
Tantangan manajemen : untuk secra efektif
dan etis mengelola teknologi pada tingkat pemakai akhir.
Empat P Strategi Layanan
Sistem Informasi
1.
Perspektif: Visi untuk menentukan arah dan
tujuan dalam bertahan dalam pasar dunia.
2.
Position: Memanfaatkan keunikan posisi
sebagai dasar untuk berkompetisi.
3.
Plan: Rencana bagaimana provider layanan
akan meraih visinya
4.
Pattern: Pola dasar yang dilakukan
berulang dalam pengambilan keputusan yang biasanya berdasarkan tema pokoknya.
Strategi Layanan
Strategi Layanan adalah
titik pusat dan asal dari Siklus Hidup Layanan ITIL. Service strategy
memberikan panduan untuk menjelaskan dan memprioritaskan investasi penyedia
layanan dalam memberikan layanan. Secara umum, Strategi Layanan berfokus untuk
membantu organisasi TI memperbaiki dan mengembangkannya dalam jangka panjang.
Dalam kedua kasus tersebut, Strategi Layanan sangat bergantung pada pendekatan
berbasis pasar.
Oleh karena itu,
publikasi Service Strategy duduk di inti dari siklus hidup ITIL V3. Service
Strategy menetapkan panduan bagi semua penyedia layanan TI dan pelanggan
mereka, untuk membantu mereka beroperasi dan berkembang dalam jangka panjang
dengan membangun strategi layanan yang jelas, yaitu pemahaman yang tepat
mengenai:
1.
Layanan apa yang harus ditawarkan ?
2.
Kepada Siapa layanan harus ditawarkan ?
3.
Bagaimana posisi pasar internal dan
eksternal untuk layanan yang dikembangkan?
4.
Potensial kompetisi dan kondisi yang ada
dalam pasar, dan tujuan yang akan membedakan nilai dari apa yang Anda lakukan
atau bagaimana Anda melakukannya ?
5.
Bagaimana pelanggan dan stakeholder akan
melihat dan mengukur nilai, serta bagaimana nilai ini akan dibuat ?
6.
Bagaimana pelanggan akan membuat keputusan
sourcing layanan sehubungan dengan penggunaan berbagai jenis penyedia layanan ?
7.
Bagaimana visibilitas dan kontrol atas
penciptaan nilai akan dicapai melalui manajemen keuangan ?
8.
Bagaimana kasus bisnis yang kuat akan
dibuat untuk mengamankan investasi strategis di layanan aset dan kemampuan
manajemen layanan ?
9.
Bagaimana alokasi sumber daya yang
tersedia akan disetel untuk memberikan dampak yang optimal di portofolio
layanan ?
10.
Bagaimana kinerja layanan akan diukur ?
Risiko
Resikodidefinisikan
sebagai peristiwa yang mungkin dapat menyebabkan kerugian, atau menghambat
suatu pihak untuk mencapai tujuan. Risiko juga dapat didefinisikan sebagai
ketidakpastian hasil.
Sudah dibahas sebelumnya,
bahwa Service strategy itu merupakan Inti dari fase Lifecycle ITIL. Oleh karena
itu alangkah baiknya sebuah perusahaan harus memahami betul apa saja kebutuhan
atau rintangan yang sedang dihadapinya dengan berpedoman pada Strategi layanan
( Service strategy ).
Karena dengan membuat
keputusan yang terburu – buru atau perencanaan yang kurang matang , maka akan
memberikan kerugian kepada perusahaan tersebut secara langsung maupun tidak
langsung.
Jenis Penyedia Layanan
-
Tipe 1 - Penyedia layanan internal: Pada
dasarnya ini merupakan jenis unit in-house IT yang biasanya diposisikan dalam
unit bisnis yang mereka layani, meskipun umumnya untuk unit skala kecil unit IT
ini akan dikonsolidasikan ke departemen IT perusahaan yang memiliki kepentingan
sebagai penyeimbang, tuntutan dan prioritas dari korporasi organisasi ini
adalah terhadap setiap individu unit bisnis.
-
Tipe 2 - Unit penyedia layanan bersama: Disinilah
berbagai fungsi cakupan luas, dianggap sebagai non-inti untuk bisni,
dikelompokkan bersama ke unit pelayanan perusahaan bersama. Fungsi yang
terlibat biasanya adalah bidang IT, Keuangan dan SDM, terkadang juga pelayanan
hukum, logistik, dan fasilitas manajemen.
-
Tipe 3 - Penyedia layanan eksternal: ni
merupakan sebuah entitas komersil yang terpisah dari bisnis yang dilayaninya,
dan beroperasi sebagai bisnis kompetitif dalam pasar.
Service Assets
Dalam memberikan layanan,
penyedia layanan TI memanfaatkan asetnya sendiri untuk menambah nilai pada aset
pelanggan dan menghasilkan nilai bagi organisasi.
Aset yang digunakan oleh
penyedia layanan TI dapat dijelaskan dalam hal kemampuannya dan sumber daya,
seperti yang sudah dijelaskan sebelumya.
Pengembangan strategi
layanan yang berhasil perlu dibangun pada pemahaman tentang aset layanan yang
dapat dimasukkan ke dalam pemberian layanan. Tidak ada gunanya merumuskan
strategi layanan yang membutuhkan aset layanan yang tidak tersedia.
Membuat asumsi tentang
kemampuan diperlukan organisasi untuk meningkatkan basis aset layanan, terutama
kemampuannya. Memperkenalkan elemen risiko juga diperlukan untuk diakui,
dipahami, dan dikelola agar tidak menghambat proses pemberian layanan.
Berikut adalah gambar
bagan pembuatan sebuah nilai dari aset layanan dan aset pelanggan :
Dalam mengembangkan
strategi layanan, penting untuk mengenali bahwa generasi nilai untuk bisnis
memerlukan kombinasi dari aset penyedia layanan TI dan aset dari pelanggan. Hal
ini mempunyai makna bahwa pengembangan strategi layanan harus diinformasikan
pengetahuan tentang sumber daya dan kemampuan pelanggannya, serta peluang,
ancaman, kerentanan, dan risiko yang terkait dengannya.
Manajemen Pelayanan
Sebagai Alat Strategis
Penggunaan ITIL untuk
mengubah kemampuan manajemen layanan menjadi aset strategis, dengan menggunakan
Manajemen Layanan untuk memberikan dasar bagi kompetensi inti, kinerja khusus
dan keuntungan tahan lama, serta meningkatkan potensi penyedia layanan dari:
Kapabilitas: kemampuan
penyedia layanan (dalam hal manajemen, organisasi proses, pengetahuan dan orang
- orang) untuk mengkoordinasikan, mengendalikan dan menyebarkan sumber daya.
Sumber daya: masukan
langsung untuk memproduksi layanan, misalnya keuangan, modal, infrastruktur,
aplikasi, informasi dan orang - orang.
Mengotomasi Proses
Manajemen Layanan
Otomasi proses manajemen
adalah penggunaan sistem komputer dan perangkat lunak untuk mengotomatisasi
proses. Proses dapat benar-benar otomatis, sehingga tidak ada intervensi
manusia yang diperlukan, atau semi-otomatis di mana beberapa intervensi manusia
diperlukan untuk membuat keputusan atau menangani pengecualian.
Strategi Bagi Sumber Daya
Informasi
Dalam upaya mencapai keberhasilan,
para manajer sangat menyadari pengaruh dari lingkungan
perusahaan. Perusahaan
dihubungkan dengan elemenelemen dalam lingkungannya melalui arus sumber daya fisik
maupun konseptual. Perusahaan berusaha memperoleh keunggulan kompetitif dengan
mengelola arus sumber daya, termasuk informasi. Sumber daya informasi perusahaan
mencakup lebih dari sekedar informasi. Sumber daya tersebut mencakup pula perangkat
keras, fasilitas, perangkat lunak, data, para spesialis informasi dan para
pemakai informasi. Kegiatan mengidentifikasi sumber daya informasi yang akan
dibutuhkan perusahaan di masa depan, mendapatkan sumber daya tersebut, dan
mengelolanya disebut perencanaan sumber daya informasi secara strategis
strategic planning for information resources). Keunggulan kompetitif dapat
dicapai melalui banyak cara, seperti menyediakan barang dan jasa dengan harga
murah, menyediakan barang dan jasa yang
lebih baik dari para pesaing. Pada bidang komputer, keunggulan kompetitif
mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan leverage di pasar. Idealnya
adalah perusahaan tidak harus sepenuhnya mengandalkan sumber daya fisik yang
lebih unggul data atau informasi dapat digunakan dengan sama baiknya. Profesor
Michael E.Porter dari Harvard adalah orang yang paling sering diidentifikasikan
dengan topik keunggulan kompetitif. Pusat dari teori Porter adalah konsep
margin. Margin adalah nilai produk barang dan jasa perusahaan seperti yang
diyakini oleh pelanggan perusahaan itu, dikurangi biaya. Perusahaan menciptakan
nilai dengan melaksanakan aktivitas, yang diliput Porter dengan aktivitas nilai
(value activities) yang terbagi atas dua aktivitas yaitu aktivitas utama dan
pendukung. Aktivitas nilai utama (primary value activities) adalah aktivitas
yang berhubungan dengan produksi dan penawaran nilai yang lebih besar dari bagi
pelanggan daripada yang dilakukan para pesaing. Nilai dapat dihasilkan dengan
menyerahkan produk dan jasa ke pelanggan serta menyediakan dukungan setelah
penjualan. Aktivitas nilai pendukung (support value activities) menyediakan
input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas utama berlangsung. Tiap
aktivitas baik aktivitas utama maupun pendukung memiliki tiga unsur penting
yaitu input yang dibeli, sumber daya manusia, dan teknologi. Tiap aktivitas
juga menggunakan dan menciptakan informasi.
Daftar Pustaka
Komentar
Posting Komentar